Cara Merawat Gusi Gigi

- 4/14/2017 06:12:00 AM

Cara Merawat Gusi Gigi

 
Gusi yng mempunyai kualitas akan menjadi rumah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuhnya gigi. Sebaliknya gusi yng tak terpelihara bisa memicu infeksi yng ditandai adanya peradangan. Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, drg. Hari Sunarto Sp.Perio (K) mengungkapkan, kesadaran masyarakat memelihara kebugaran atau kesehatan gusi masih Amat rendah. Hal ini dibuktikan yang dengannya Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) yng di lakukan Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2011 lalu. Menurut survei ini, penyakit gigi serta mulut, salah satunya karies dan penyakit periodontal (gusi) diderita masyarakat Indonesia dalam jumlah yng cukup tinggi yakni 60 %.
Cara Merawat Gusi Gigi
Hari menegaskan pentingnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat gusi agar mencegah peradangan serta infeksi gigi. “Peradangan yang dibiarkan akan menjalar hingga tulang pendukung gigi. Akibatnya gigi menjadi lebih cepat tanggal,” kata Hari pada seminar 'Sepelekan Penyakit Gusi Sebabkan Gigi Tanggal pada Orang Dewasa' Kamis (24/10/2013) di Jakarta.
Karang gigi sebetulnya adalah tumpukan plak yng mengeras. Plak merupakan lapisan tipis yng adalah dampak dari kelebihan kalsium. Dalam proses terjadinya plak, kalsium diekstrak melalui air liur (saliva). Plak ini, tegas Hari, tak akan menjadi karang andaikan rutin dibersihkan. “Plak sebenarnya mudah sekali dibersihkan dengan menyikat gigi. Sangat disarankan menyikat gigi sebelum 8 jam usai makan, saat plak belum mengeras. "Plak yang mengeras sulit sekali dibersihkan dan apabila terus terjadi akan menyebabkan infeksi,” ujarnya.
Hari merekomendasikan sedikitnya menyikat gigi dua kali sehari yakni disaat selesai sarapan serta sebelum tidur malam. pun memperhatikan kandungan pasta serta sikat gigi yng dipakai. pemilihan sikat gigi yng baik berbulu halus serta segera diganti bila bulu telah keluar dari susunannya. serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk pasta gigi, sebaiknya dipilih yng memiliki kandungan mineral lengkap. Mineral yng cukup akan membantu melindungi kebersihan gigi, menjadikan berdampak pada kebugaran atau kesehatan gusi. Kandungan microgranule bersama zinc citrate serta vitamin E lebih efektif membersihkan gigi sampai-sampai 94 %. Pasta gigi tentu lebih baik bagi kebugaran atau kesehatan gigi serta gusi,” kata Profesional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk, drg. Ratu Mirah Afifah GCClident., MDSc.
Hindari tusuk gigi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan bisnis melindungi kebersihan gigi serta kebugaran atau kesehatan gusi Hari merekomendasikan penggunaan benang gigi ataupun dental floss. Terutama pada gigi yng tumbuh berjejal menjadikan saling menumpuk. Benang gigi mampu menjangkau sela gigi yng tak mampu dicapai yang dengannya sikat gigi.

Source Article and Picture : www.cara-hidupsehat.com

Seputar Cara Merawat Gusi Gigi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Merawat Gusi Gigi