RESEP MENU BUKA PUASA DAN SAHUR SEHAT PRAKTIS

- 5/30/2017 10:51:00 PM

RESEP MENU BUKA PUASA DAN SAHUR SEHAT PRAKTIS

 
Bicara mengenai berbuka serta makan sahur memanglah tidak ada habisnya. Anda tentunya mencari aneka menu buka puasa serta sahur yng sehat serta praktis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu sekeluarga. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa ataupun tidak sedikit jenis buah-buahan lain-lainnya merupakan menu takjil yng Amat ideal, takjil ataupun menu yng disegerakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuka puasa dari buah-buahan yng matang merupakan sunnah. Selain itu buah-buah yng bersifat gampang dicerna serta memberikan tubuh aneka macam nutrisi yng bisa membantu transisi antara masa berpuasa serta berbuka menjadi terasa gampang. Juga penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperhatikan merupakan konsumsi air putih, untuk itu usahakan dari era buka puasa hingga era sebelum tidur minimal minum 1 liter air.
Lantas selanjutnya bagaimana yang dengannya menu makan sesudah berbuka puasa? Apabila sebelumnya kita sudah mengkonsumsi buah-buahan segar ataupun kombinasi lain-lainnya dari menu takjil bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuka puasa, telah barang tentu hidangan sehat lain-lainnya yng disarankan dalam menu buka puasa diantaranya merupakan menjdai berikut :
- Selalu sediakan pasokan sayuran hijau organik di dalam kulkas. Karena sayuran hijau Amat gampang dicerna serta pun mempunyai kandungan alkalin yng tinggi sehngga Amat ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan kebugaran atau kesehatan kita. Apalagi sayuran organik yng bebas pestisida serta macam-macam zat kimia lain-lainnya.
- Biji-bijian serta kacang-kacangan adalah sumber protein yng baik serta gampang dicerna. Misalnya semisal biji bunga matahari, ataupun biji waluh ataupun labu, cobalah walnut (sumber omega-3), ataupun almond, mampu pun kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau serta kacang macadamia adalah bahan makanan yng tepat dimakan sesudah berpuasa.
- Kemudian beras merah. Beras merah berbeda yang dengannya beras putih lantaran bagian kulit pada beras merah masih utuh. Ahli gizi serta ahli diet menyarankan nasi merah menjdai sumber nutrisi.
- Pernah mendengar oat? Oat pun ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuka puasa. Mengkonsumsi oat membawa tidak sedikit manfaat, khususnya sesudah berpuasa. Dengan memakan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein serta magnesium.
Lantas menu apa yng mampu kamu sajikan era berbuka serta pun era sahur? Berikut merupakan beberapa Resep Menu Buka Puasa serta Sahur Sehat Praktis yng mampu kamu coba bagi atau bisa juga dikatakan untuk disajikan di keluarga :
RESEP PINDANG TELUR KECAP
8 butir telur ayam rebus dikupas cangkangnya
150 ml air
5 buah cabe rawit merah utuh
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumis
Haluskan :
1 ruas jari kunyit
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas jari kencur
garam secukupnya
kaldu bubuk ataupun penyedap rasa sesuai selera
CARA MEMBUAT :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai-sampai harum. Tuang air lalu masukkan telur, cabe rawit merah utuh serta kecap manis, aduk sesekali.
Masak sampai-sampai mendidih serta matang, angkat serta sajikan.
RESEP NASI MERAH BAKAR
2 sdm minyak zaitun ataupun minyak sayur
1 sdt minyak wijen
50 gram bawang bombay cincang
3 siung bawang putih cincang
3 buah cabai merah iris tipis
200 gram dada ayam rebus lalu potong dadu
50 gram jamur merang potong-potong
100 gram wortel yng cincang halus
2 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, 1/2 sdm kecap manis
500 gram nasi beras merah
2 batang daun bawang iris tipis
daun pisang serta lidi
CARA MEMBUAT :
Panaskan minyak zaitun serta minyak wijen. Kemudian tumis bawang bombay, masukkan bawang putih serta cabai merah sampai-sampai harum. Setelah itu masukkan daging ayam, pun jamur merang serta wortel, aduk rata. Jangan tidak ingat tambahkan garam, merica bubuk dan kecap manis.
Masukkan nasi beras merah serta daun bawang, lantas aduk rata lalu angkat.
Bagi nasi menjadi 4 bagian, dibungkus yang dengannya daun pisang, terkahir sematkan yang dengannya lidi di ujung-ujungnya lalu bakar sampai-sampai harum.
RESEP JAMUR BUMBU TONGSENG
200 gram jamur merang dipotong-potong serta cuci bersih lalu rendam sebentar yang dengannya air Anget
50 gram kol dipotong-potong serta cuci bersih
1 buah tomat dipotong menjadi 4 bagian
5 buah cabe rawit merah dibiarkan utuh ataupun iris pun boleh
1 lembar daun jeruk
3 cm jahe digeprek
3 cm lengkuas digeprek
1/2 sdt kaldu bubuk ataupun sesuai selera
garam secukupnya
400 ml santan dari 150 gram kelapa parut
1 sdm kecap manis
3 sdm minyak bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumis
Haluskan :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kunyit
1 sdt gula merah
CARA MEMBUAT :
Panaskan minyak lantas tumis bumbu halus, daun jeruk, jahe serta lengkuas sampai-sampai harum. Masukkan potongan kol serta jamur, aduk rata lalu tuang santan. Sambil diaduk-aduk kasih garam, kaldu bubuk dan masukkan irisan tomat serta kecap manis.
Masak sampai-sampai kuah mendidih serta seluruh bahan matang. Angkat serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk disajikan yang dengannya taburan bawang goreng.
RESEP CAPCAY SAYUR
150 gram wortel diiris bulat menyerong
100 gram bunga kol dipotong-potong
100 gram sawi putih dipotong-potong
100 gram jagung muda diiris serong
1 batang daun bawang diiris tipis
3 sdm saus tomat
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt penyedap rasa ataupun sesuai selera
garam secukupnya
1 sdm kecap manis ataupun sesuai selera
2 butir telur diorak-arik
500 ml air
5 butir bawang merah dihaluskan
4 siung bawang putih dihaluskan
CARA MEMBUAT :
Panaskan tidak banyak minyak lalu tumis bawang merah, bawang putih serta daun bawang sampai-sampai harum. Berikutnya tuang air, aduk-aduk rata lantas masukkan wortel, kasih garam, merica, penyedap, gula serta saus tomat. Aduk rata lalu masukkan jagung, bunga kol, sawi putih serta telur.
Masak sebentar lalu masukkan kecap manis, aduk rata lantas masak sampai-sampai seluruh sayuran matang.


Source Article and Picture : www.cara-hidupsehat.com

Seputar RESEP MENU BUKA PUASA DAN SAHUR SEHAT PRAKTIS

Advertisement
 

Cari Artikel Selain RESEP MENU BUKA PUASA DAN SAHUR SEHAT PRAKTIS