Anjuran Dokter Untuk Penderita Maag Yang Ingin Berpuasa

- 4/05/2017 03:39:00 AM

Anjuran Dokter Untuk Penderita Maag Yang Ingin Berpuasa

 
Puasa itu wajib hukumnya, malah bagi para penderita penyakit maag. Namun tentu saja yang dengannya beberapa syarat serta ketentuan. Karena tak seluruh penderita maag diperbolehkan berpuasa. Menurut Dr Ari yng menjelaskan penderita sakit maag mampu berpuasa, kecuali bagi orang-orang yng mengalami dispepsia (sakit maag) organik yng belum diobati lebih-lebih andai ada tanda alarm.
Seperti yng kita ketahui, bahwasanya sakit maag (dispepsia) sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu maag fungsional serta dispepsia organik. Penyakit Maag fungsional terlaksana andai penderitanya makan tak teratur, ataupun mampu pun lantaran makan makanan berlemak, terlalu tidak sedikit minum minuman bersoda, pecandu kopi, tertekan ataupun stres serta mampu pun kebanykan merokok, seluruh itu tanpa ada kerusakan berguna di dalam lambung.
Sementara itu maag organik terlaksana lantaran adanya sesuatu yng tak normal di dalam lambung, misalnya semisal tukak lambung, ataupun tukak usus duabelas jari, ataupun GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip ataupun kanker di kerongkongan, dan usus duabelas jari serta lambung.
Penyakit maag fungsional akan membaik andai berpuasa. Mengapa? lantaran umumnya kalau siang pasti ada saja makanan yng dijadikan cemilan, misalnya ngemil cokelat, ataupun minum kopi padahal paginya di rumah telah ngopi 2 gelas, tidak tahunya kelak sore ngemil lagi, baik itu cokelat ataupun keripik pedas, bahkan cemilan-cemilan tidak terang kadar gizinya itu yng bikin maag. Maka dari itu era berpuasa makannya jadi teratur, secara tidak langsung jadi mengurangi makan camilan yng berlemak, malah mengurangi rokok, pun mengurangi minum kopi serta minuman bersoda serta banyaknya pengendalian diri, semisal pengendalian diri ini misalnya semisal tidak sedikit berzikir. Hal itu akan membuat maag-nya jadi sembuh. Sementara itu pada maag organik, andai ingin berpuasa memanglah butuh dikonsultasikan dulu yang dengannya dokter, papar Dr Ari.
anjuran dokter bagi penderita maag yng ingin berpuasa

Akan akan tetapi andaikan pasien sakit maag organik yng sedang mengalami perdarahan lambung yang dengannya gejala muntah darah ataupun Buang air besar hitam, ataupun pun muntah berulang serta setiap makan muntah memanglah tak diperbolehkan puasa. Bahkan andai dalam kondisi semisal ini orang-orang Perlu dirawat di rumah sakit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi gangguan sakit maagnya yang telah di sebutkan. Para pasien yang dengannya kanker saluran cerna pun tak dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpuasa, lantaran ini akan rawan bagi kondisi tubuh orang-orang sendiri.
Jika ingin menghindari rasa tak nyaman yng berlebihan, para penderita maag dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengonsumsi obat penekan asam lambung semisal obat antagonis reseptor H2 (ranitidine, famotidine, simetidine, nizatidine) ataupun penghambat pompa proton (omeprazole,lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, pantoprazole). Sementara itu obat-obatan semisal antasida yng era ini dipromosi secara luas baik melalui media cetak serta media elektronik bukan obat yng mencegah agar tak di kenai sakit maag. Karena obat antasida cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan gejala saja serta kerjanya cuma 6-8 jam, menjadikan yng sebetulnya merupakan penggunaannya tak bersifat umum, cuma sekedar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan gejala gangguan lambung yng timbul.
Lantas bagaimana agar penderita maag tetap sehat serta bugar menyelesaikan puasa Ramadan?
1. Tetap melaksanakan sahur serta buka puasa. Ini penting, Amat penting. Karena era sahur serta berbuka kita akan memperoleh asupan makanan serta memasukkan nutrisi-nutrisi penting yng bermanfaat bagi kebugaran atau kesehatan, dan mampu mengobati penyakit maag kita sendiri. 2. Tetap minum obat bagi yng berpenyakit kronis. Jangan lupakan obat, lantaran obat-obatan yang telah di sebutkan memilikikandungan zat yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki system tubuh yng rusak lantaran penyakit. 3. Tetap melakukan ibadah salat tarawih. Ibadah shalat tarawih bukan halangan bagi penderita penyakit maag, bahkan akan melancarkan peredaran darah serta membuat tubuh semakin bugar. 4. Banyak mengonsumsi sayur serta buah-buahan. Ingat, cukupi selalu kebutuhan tubuh atas vitamin serta mineral, dan aneka serat yng ada di dalam buah serta sayuran. 5. Banyak minum air waktu buka hingga sahur. Karena tubuh kita-kita tetap butuh setidaknya delapan gelas air selama satu hari satu malam. 6. Jumlah tidur yng cukup, tak berlebihan. Tidur tidak lebih akan menghasilkan mumet, begitu juga terlalu tidak sedikit tidur. Kita akan tetap terasa mumet.
Makanan serta minuman yng butuh menjadi perhatian:
1. Jika tidak ingin puasa terganggu? hindari makanan yng tidak sedikit memiliki kandungan gas, misalnya semisal makanan berlemak, ataupun sayuran sawi serta kol, nangka serta pisang ambon, pun makanan berserang (kedondong), aneka buah yng dikeringkan, serta pun minuman yng memiliki kandungan soda.
2. Anda pun Perlu menghindari makanan yng merangsang pengeluaran asam lambung, misalnya semisal kopi, ataupun minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, serta malah susu full cream.
3. Jangan tidak ingat pun pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari makanan yng sulit dicerna, yaitu makanan yng bisa memperlambat pengosongan lambung, misalnya semisal kue tart serta keju.
4. Hindari pun makanan yng secara langsung merusak dinding lambung, misalnya semisal yng memiliki kandungan cuka, pedas, merica serta bumbu yng merangsang.
5. Selalu hindari makanan yng melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, kondumsi cokelat, makanan tinggi lemak serta gorengan.
6. Selain itu ada beberapa sumber karbohidrat yng butuh dihindarkan beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, tales, dodol.
Demikian merupakan anjuran dokter bagi penderita maag yng ingin berpuasa. Semoga memberikan manfaat serta selamat menjalankan puasa!

Source Article and Picture : www.cara-hidupsehat.com

Seputar Anjuran Dokter Untuk Penderita Maag Yang Ingin Berpuasa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Anjuran Dokter Untuk Penderita Maag Yang Ingin Berpuasa